Wiper adalah merupakan
sistem yang penting dimana komponen ini menjamin jarak pandang pengemudi untuk
arah depan atau belakang kendaraan agar tidak terhalang oleh penghalang seperti
: air hujan, debu & kotoran lainnya hingga bersih, dengan cara disapu dengan
perantara berupa komponen penyapu. Pada setiap penggunaan biasanya digabungkan
dengan washer atau pembersih,
sehingga saat wiper menyapu kaca
secara otomatis washer atau pembersih
memerlukan cairan pembersih, sehingga kaca depan maupun belakang daya bersihnya
lebih bagus.
Pada saat kendaraan
berjalan malam atau siang di
waktu hujan, pandanganpengemudi melihat permukaan jalan akan terasa terganggu
oleh kelembaban air hujan pada kaca depan harus dibersihkan baik dengan mekanik
atau dengan cara elektrik.
Pada
pergerakkan wiperini sangat dibutuhkan tenaga yang cukup besar, itu sebabnya
pada ujung motor wiper dipasang gigi
cacing reduksi. Gigi ini dapat meningkatkan torsi dari motor hingga 50 kali
lipat, selain itu dapat mengurangi output
kecepatan sampai 50 kali.Output dari
gigi reduksi dihubungkan dengan tuas khusus yang menggerakkan wiper maju dan mundur. Tuas ini bertugas
mengubah gerak putar dari motor wiper
menjadi gerak bolak–balik pada poros wiper.
Sistem kerja wiper ada beberapa
macam yaitu:
Macam sistem
kerja wiper:
1.
Tandem System (Sistem kerja ganda).
2.
Opposed System (Sistem kerja berlawanan).
3.
Tandem System With Aerodynamic characteristics (Sistem ganda dengan karakter aerodinamik).
4.
Singel Arm Wiper System-Not Controlled (Sistem kerja wiper
dengan satu cabang tanpa kontrol).
5. Singel Arm Wiper
System Controlled (Sistem kerja wiper dengan satu cabang menggunakan
kontrol).
Pada kendaraan TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE V TAHUN 2004 sistem
Windshield Wipermenggunakan sistem
kerja tandemwiper system (model ganda) pada kaca depan, yang dimana antar
poros wiper dihubungkan tuas sehingga
kedua wiper bekerja secara paralel.
Pada rangkaian Sistem
wiper seri atau paralel menggunakan mekanisme empat batang tuas wiper, dengan
hubungan melintang yang digunakan untuk memperbesar sudut
penghapusan.Optimalisasi mekanisme ini sangat penting agarkelancaran dalam
sudut penghapusan dan sudut pembalikan batang tuas wiper.
Pada kaca belakang
sistemWindshield Wipermenggunakan
sistem kerja single arm, yang dimana
posisi lengan wiper berada di
tengah.Langkah penyapuan wiper blade dari
sisi ke tengah.
Lengan wiper terdiri dari ujung wiper yang berbentuk bulat dengan lubang
tempat baut. Kemudian ada sebuah pegas untuk menahan blade, arm piecesyang berfungsi sebagai tempat
pemasang blade dan retainer untuk menahan struktur wiper blade. Wiperblade terdiri dari sebuah karet untuk menyapu permukaan kaca,
alat kombinasi dari leaf spring packing
beberapa level dan clip untuk memasang blade pada bagian lengan wiper.
Keterangan:
1. Claw Bracket
2. Spring Strip
3. Lip
4. Double Microedge
5. Windshield
Sistem penghapus kaca ini dirancang untuk mampu bekerja 1,5 juta kali
gerakan dalam masa hidupnya. Saat kualitas karet masih bagus, wiper dapat membersihkan kaca dengan
mudah tanpa bekas.Teknologi wiper
semakin canggih dengan ditambahnya alat pengatur kecepatan.Kecepatan kerja wiper bisa diatur sesuai kebutuhan.
b. Fungsi Windshield
Wiper
Fungsi dari windshield wiper adalah salah satu aksesoris kendaraan yang penting
dimana komponen ini menjamin pandangan pengemudi depan atau belakang kendaraan
tidak terhalang oleh air hujan, debu, dan kotoran lainnya dengan cara disapu
oleh pelantara berupa komponen penyapu yaitu wiper blade.
Pada setiap penggunaan biasanya
digabungkan dengan washer atau pembersih
yang mengeluarkan cairan pembersih, sehingga kaca depan maupun belakang daya
bersihnya lebih baik dan bersih.
Berikut ini tipe sistem wiper menurut fungsinya:
1. Single speed wiper (wiper belakang)
2. 2 speed wiper
3. Intermitten (INT) wiper
4. Washer link wiper
c. Cara Kerja Wiper
1. Cara kerja switch wiper pada posisi LOW / MIST
Jika switch berada di posisi kecepatan rendah,
arus listrik mengalir ke sikat dari motor penggerak (disingkat LO).Lalu motor
akan menggerakan tuas wiper. Terlihat pada gambar, dan wiper bergerak lambat.
2. Cara kerja switch wiper pada posisi HIGH
Jika switch berada di posisi kecepatan tinggi,
arus listrik mengalir ke sikat dari motor wiper (disingkat HI). Terlihat pada
gambar, dan wiper bergerak dengan kecepatan tinggi.
3. Cara kerja switch wiper pada posisi OFF
Jika switch mati pada saat motor
penggerak bekerja, arus listrik mengalir ke sikat kecepatan rendah dari motor
penggerak seperti yang terlihat di ilustrasi berikut, menyebabkan wiper
bergerak dengan lambat. Jika switch tiba di posisi mati, titik switch hubungan
bergerak dari P3 ke P2 dan menyebabkan motor wiper berhenti.
1. 4. Cara kerja switch wiper pada posisi INT
a. Cara kerja Tr ON
Pada saat switch berada di posisi INT, Tr1
secara langsung akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari sisi A ke
sisi B. Pada saat titik relay berubah ke sisi B, arus akan mengalir ke motor (LO)
dan motor akan bergerak dengan kecepatan rendah.
b. Cara kerja Tr OFF
Tr1
bekerja, menyebabkan titik relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A. Bagaimanapun
begitu motor bergerak, titik switch hubungan berpindah dari sisi P3 ke sisi P2,
jadi arus akan terus mengalir ke sikat dengan kecepatan rendah dan penghapus
bergerak dengan lambat. Dia akan berhenti jika sampai di posisi yang telah
ditetapkan. Tr1 melanjutkan lagi
kerjanya sehingga penghapus sebentar-bentar mengulangi operasinya. Pada tipe
penyesuaian, tahanan tidak tetap bervariasi dengan switch tidak tetap dan
rangkaian transistor menyesuaikan dengan suplai arus ke Tr. Hal ini menyebabkan
operasi yang sebentar-sebentar berubah.
d.
Prinsip
Kerja Windshield Wiper
Prinsip kerja wiper dapat dijelaskan melalui jaringan kelistrikan wiper dibawah
ini.
Terminal +1, +2, S
dan (+) terletak pada motor wiper dan
terminal LR1, LB1, LW, dan L terletak pada saklar wiper, terminal RL adalah terminal kecepatan rendah, LB adalah
terminal kecepatan tinggi, LW adalah terminal negative. Pada kecepatan rendah
arus mengalir dari baterai L – LR – LB1 – B3 – (-) – massa bodi maka motor wiper akan berputar lambat. Kecepatan tinggi
arus mengalir dari baterai L – LB1 - +2 – B2 – B# - (-) – massa bodi, maka
motor wiper berputar cepat.
11 komentar:
sumbernya darimana mas? terimakasih
Sepertinya sudah bener, mirip dengan cam switchnya wiper toyota vios limo 2005. Rencana mau modif saya tambah intermitten.
Terima kasih Mas Madyo atas penjelasannya. Saya praktekan dl.
Keminter
Mas dinamo wiper L300 itu brapa amper?
Apa beda amper nya klo dgn dinamo wiper mobil carry?
Bisakah wiper carry futura pakai model opposed, atw berlawanan?
Mas klo saklar wiper limo bisa gak pake ounya vios biar bisa intmten?
Mobil saya saat diangkat tuas buat otomatis sekali usapan tdk bisa. Jadi diangkat dia akan berhenti berhenti. Kalau balikan posisi awal harus diangkat beberapa kali. Apakah itu intermittennya rusak. Terimakasih
Wiper saya jika pada posisi intermitten dan mist tidak mau berfungsi dan jika di posisi high / low wiper berehenti di posisi sembarang , saya cek fuse ok tidak ada yg putus , apakah dari dinamo atau saklar swithnya ya ?
Sukses nggak pak pasang intermittentnya? Kalo sukses mohon share karena saya juga kepengen pasang di vios limo saya
Posting Komentar